Rabu, 12 Oktober 2011

Benarkah Perempuan Banyak Menghuni Neraka?
Adanya hadist yang mengatakan penghuni neraka kebanyakan perempuan seakan menunjukkan bahwa perempuan adalah makhluk yang paling banyak melakukan dosa, bahkan dianggap penyebab terjadinya kerusakan di muka bumi makin kuat.

J Durhaka pada Suami
Ketika Rasulullah dan para sahabat melaksanaka shalat gerhana, beliau melihat surga dan neraka.”. . .dan aku melihat neraka yang kebanyakan penduduknya adalah kaum wanita karena kekufuran mereka terhadap suami-suami mereka, kufur terjadap kebaikan-kebaikannya.” (HR dari)
Perempuan penghuni neraka yang dimaksud adalah perempuan atau istri-istri yang telah membangkang, tidak patuh, menyepelekan atau durhaka pada suami. Mereka sering membicarakan keburukan-keburukan suaminya kepada teman-teman atau keluarganya tanpa alasan yang dibenarkan, merendahkan suaminya, menuntut berlebihan, dan menganggap kepada kebaikan-kebaikan yang lama ini diupayakan sang suami.
J Mengumbar Aurat
“. . .dan wanita-wanita berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti punuk unta dan tidak mendapatkan wanginya surga padahal wanginya bisa didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (HR Muslim dan dari)
Perintah menutup aurat bisa sebagai perisai diri, identitas yangg khas juga memperkecil pintu fitnah. Oleh sebab itu, ketika aurat diumbar akan terbukalah hal-hal yang selama ini dikhawatirkan menurut pandangan syar’i.
J Anjuran Sedekah
“Bersedekalah kalian! Karena kebanyakan kalian adalah kayu bakar Jahanam! Karena kalian banyak mengeluh dan kalian kufur terhadap suamia!” (HR Bukhari) “Karena sedekah adalah satu jalan untuk menyelamatkan kalian dari azab neraka,” dalam sebuah riwayat lain. Nabi tidak sedang memberi pernyataan bahwa perempuan adalah penghuni terbanyak di neraka, tetapi justru memberi motivasi agar para pendengar khutbah banyak yang bersedia bersedekah. Buktinya, justru yang banyak bersedekah adalah para perempuan. Hadist di atas tidak menyebutkan 1 orang pun laki-laki yang bersedekah setelah mendengar khutbah Nabi SAW. Nabi SAW memperingatkan dalam hadist perempuan sebagai penghuni paling banyak di neraka adalah peringatan keagamaan agar kaum perempuan tidak masuk kategori penghuni neraka dengan banyak bersedekah, beribadah, sebagai sarana pelebur dosa. Dan itu merupakan jalan keluar agar mereka terhindar dari api neraka.
“Secara prinsipil, dalam Islam pun jelas disebutkan bahwa seseorang masuk neraka atau surga bukanlah karena jenis kelaminnya, bukan juga karena nasab keturunannya atau karena suku bangsanya. Seseorang masuk surga atau neraka adalah karena amal perbuatannya.”
Siapa pun yang berbuat buruk, akan memperoleh balasan yang buruk, sebaliknya siapa pun yang berbuat baik, niscaya akan memperoleh balasan yang baik. bahkan secara tegas dalam surat An-Nahl/19: 97.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar